Monday, March 19, 2012

Review Blog

Sudah 2 tahun blog ini berjalan. Dan selama waktu itu pula gue udah mengalami banyak hal. Dari yang menyenangkan maupun yang menyebalkan udah pernah gue posting di blog. Dan dari sekian banyak waktu yang gue habiskan di blog, gue hari ini akan melakukan sedikit review tentang blog gue.

Di blog ini, gue udah rilis 28 postingan, termasuk postingan ini. Dari yang pendek sampai yang panjang, yang semuanya gue kasih kategori-kategori tertentu, sangat umum ditemukan di blogger. Setelah gue memasang fitur stats untuk blogger, gue mendapati sesuatu yang membuat gue tercengang.

Blog gue sudah dilihat 990 kali. Sebuah hal yang mengejutkan karena blog gue bukanlah blog yang gue selalu promosiin kemana-mana, dan karena follower blog gue yang enggak begitu banyak, juga karena postingan gue hanya berupa coret-coretan akan hal-hal yang terlintas di benak gue, enggak lebih dari itu. Dan setelah gue cek lagi, gue terkejut karena ada juga audience dari luar negeri dan bukan cuma di Indonesia saja. Yang terbanyak adalah dari Rusia dan Amerika Serikat.
Hal pertama yang terlintas di benak gue adalah, "What makes my blog interesting to read?". Apa yang membuat blog gue menarik untuk dibaca? Karena gue tau kemampuan gue masih cetek dalam masalah menulis. Gue masih merasa banyak kekurangan dalam blog gue. Baik berupa tulisan gue yang (mungkin) kurang menarik, joke gue yang lebay juga garing, sampai pada dokumentasi yang kurang. Gue akui hal itu, dan itu termasuk dalam salah satu hal yang coba gue perbaiki.
Dan juga yang kedua, blog gue hampir sepenuhnya menggunakan bahasa Indonesia dan hanya sedikit English. Entah apa yang membuat audience dari luar negeri yang membaca blog gue. Apakah mereka mencari referensi untuk belajar bahasa Indonesia atau yang lainnya, atau yang lainnya, entahlah.

Setelah audience dari luar negeri, gue terkejut dengan jumlah pageview yang sangat banyak pada postingan satu ini.
Postingan "Ana Uhibbuka Fillah" menempati urutan pertama dengan lebih dari 350 kali dilihat. Suatu hal yang mengejutkan buat gue karena postingan ini terbilang hanya berupa coret-coretan murni atas sebuah masalah yang ada di dalam postingan tersebut. Dan kembali, pertanyaan yang hampir sama terlempar, "What makes this post interesting to read?". Apa yang membuat postingan ini menarik untuk dibaca? Hal yang sampai sekarang masih gue kaji dan belum ketemu jawabannya.

Setelah pageview, gue beralih ke traffic source, dan lagi-lagi ada hal yang mengejutkan.Dari segi search keyword, ada banyak yang mencari blog gue dengan keyword seperti di atas. Setelah mendapati data statistik ini, gue menyimpulkan bahwa sepertinya ada beberapa orang yang menjadi pembaca rutin blog gue dan mereka mengenal gue karena langsung search dengan judul blog gue dan nama gue di google. Di samping itu, gue sepertinya mendapatkan sedikit jawaban dari pertanyaan gue di atas. Ternyata ada juga yang masuk ke blog gue karena mencari apa arti dari "Ana Uhibbuka Fillah". Dan kebetulan gue memiliki postingan dengan judul yang sama. Mungkin hal itu pula yang membuat postingan tersebut sering diakses dan (mungkin) dibaca.

Selain keterkejutan gue atas data-data statistik tersebut, gue juga menyayangkan bahwa blog gue sepi dari komentar, sepi dari followers, dan sepi dari reactions. Namun setelah melihat blog gue lagi, gue pun menyadari bahwa hal itu adalah wajar karena blog gue masih kecil, dan gue masih sebagai pemula dalam dunia blogging. Meski begitu gue tetap mengharapkan adanya feedback dari para pengunjung blog, baik berupa komentar, maupun hanya sekadar reaksi. Karena setiap bentuk feedback yang diberikan sangat berguna untuk perkembangan blog gue.

1 comments:

Chaca Chairunnisa said...

Blog ku pun banyak visitor dari luar negeri. Entah kenapa visitor dari luar negeri lebih banyak dibanding dengan dari dalam negeri, bahahaha disitu kadang saya merasa sedih, tetapi sedikit cukup membanggakan :b

Post a Comment

Powered By Blogger