Monday, May 10, 2010

Bahasa Indonesia Bukan Penyakit!!!

Entah kenapa semua orang di Kalbar selalu kagok kalau ngeliat orangnya sendiri ngomong pake bahasa Indonesia.
Gue gak bercanda. Semua yang gue omongin 100% benar.
Masih gak percaya? Oke, gue kasih bukti.

Kamis kemarin, gue ditelpon pacar gue. Seperti biasa, nanyain kabar gue, gue lagi apa, dan beberapa hal lain yang standar diomongin oleh pasangan yang lagi kasmaran. (ceileeee...)
Gue sendiri waktu itu lagi berada di Musholla kampus, lagi asik online. Gue di situ gak sendirian, banyak orang (kira-kira 5 orang) termasuk teman seangkatan gue, dan adek tingkat.
Mungkin udah ada beberapa dari kalian yang tau kalau gue lagi pacaran jarak jauh. Antara Pontianak dan Jakarta... *halah...* Dan seperti lazimnya orang Indonesia yang mengetahui kalau mereka tidak tinggal di satu pulau yang sama, waktu ngomong pasti menggunakan bahasa persatuan, yaitu Bahasa Indonesia.

Namun ternyata, apa yang gue lakukan, dianggap aneh oleh orang-orang di sekeliling gue saat gue ngomong. Entah karena mereka katro', atau udah teracuni bahasa Melayu yang biasanya dipake, atau cuma nganggap bahasa Indonesia itu gak penting, entahlah.

Selesai nelpon, gue disamperin Seto, temen gue peranakan Jawa-Melayu. Dia bilang...
"Au, jarang aku liat kau ngomong pake bahasa Indonesia kayak tadi. Rasanya gimana ya, aneh-janggal gitu"
*mungkin ada yang pengen tau gimana orang Kalbar ngomong pake bahasa Melayu, gue coba terjemahin nih...*
"Au, jarang aku liat kau ngomong pake bahase Indonesia kayak tadi'. Rasenye gimane ye, aneh-janggal gitu' lah..." (terasa mirip betawi? mungkin, tapi gak sepenuhnya)
Gue, yang udah biasa bicara formal dengan dosen-dosen, cuma bilang "Biasa aja kaleeee..."
Seto garuk-garuk kepala.

Hal yang-dibilang-aneh ini gak selesai gitu aja. Selepas sholat Ashar, pacar gue nelpon lagi. Kali ini orang-orang yang ada di Musholla ada lebih dari belasan. Ada rapat gitu deh. Lagi asiknya ngomong, gue malah diganggu.
Anjrit...

Gue diganggu terus sampai akhirnya jam 5, obral obrol habis. Akhirnya, gue diomelin pacar gue gara-gara lebih ngurus mereka daripada dia sendiri. Maaf ya... -_-

"Napa sih kamu hari ini nyebelin banget???"
"Nyebelin napa?"
"Kamu lebih perhatian ke teman kamu, padahal aku kan nelpon buat kamu"
"Iya, maaf, mereka yang maksa..."
"Lain kali kalau mereka ganggu lagi, anggap mereka gak suka kamu nelpon pake bahasa Indonesia, gak usah ditanggepin"
"Iya..."

Dan hal itu buat gue sadar.
Tahun ini tingkat ketidaklulusan siswa ada pada bahasa Indonesia, bukannya bahasa Inggris. Membuka mata gue dengan hal-hal yang ada sekarang, di saat manusia Indonesia malah menganggap mudah, menganggap enteng, menganggap remeh bahasa sendiri.
Dan buat temen-temen gue yang kagok ngeliat gue pake bahasa Indonesia, sadarlah kalau lo semua gak akan tinggal di tempat yang sama seumur hidup.
Bahasa Indonesia ada untuk mempersatukan, bukan untuk membuat jarak.

Memprihatinkan, sekaligus memalukan.

Semoga gue gak termasuk salah satu diantara orang-orang seperti itu.
Amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiinnnnn...

0 comments:

Post a Comment

Powered By Blogger